Algoritma

Alogaritma

  • Mengerti tentang alogaritma.
  • Membuat alogaritma dari suatu permasalahan.
  • Mengerti tentang flowchart.
  • Membuat flowchart
  • Membuat flowchart, dari suatu permasalahan.
       
  Algoritma

  • Adalah inti dari ilmu komputer
  • Algoritma adalah urutan-urutan dari instruksi atau langkah-langkah untuk menyelesaikan suatu masalah.
  • Algoritma adalah blueprint dari program.
Kriteria suatu alogaritma :
- Ada input dan output  
- Efektifitas dan efisien
- Terstruktur.

Example Alogaritma 1
  Mengirim surat pada teman :

  1. Tulis surat pada secarik kertas surat.
  2. Ambil sampul surat.
  3. Masukkan surat kedalam sampul.
  4. Tutup sampul surat menggunakan perekat.
  5. Jika kira ingat alamat teman tersebut maka tulis alamat pada samput surat.
  6. Jika tidak ingat, lihat buku alamat, lalu tulis pada sampul surat. 
  7. Tempel perangko.
Bawa surat ke kantor pos untuk diposkan.

Example Alogaritma 2

Mencari akar bulat positif dari bilangan bulat (integer) positif a : 

  • Memasukkan bilangan bulat positif a.
  • Berikan harga awal X sama dengan 
  • Hitung Y sebesar X*
  • Jika Y sama dengan a maka, cetak X sebagai akar dari a, selesai
  • Tambah nilai X dengan 1 
  • Pergi ke langkah ke-3
   
Example Alogaritma 3

  • Masukkan sebuah bilangan sembarang.
  • Bagi bilangan dengan bilangan 2.
  • Hitung sisa hasil bagi pada langkah ke-2
  • Bila sisa hasil sama dengan nol (0) maka, bilangan itu adlah bilangan genap bilangan sisi hasil bagi sama dengan 1 maka, bilangan itu adalah bilangan ganjil.



 Flowchart 

  • Bagan-bagan yang mempunyai arus yang menggambarkan langkah-langkah penyelesaian suatu masalah.
  • Merupakan cara penyajian dari suatu algoritma, ada 2 macam flowchart :
- system flowchart adalah urutan proses dalam system dengan menunjukkan alat media input, output, serta jenis media penyimpanan dalam proses pengolahan data.
- program flowchart adalah urutkan intruksi yang di gambarkan dengan symbol tertentu untuk memecahkan masalah dalam suatu program.


Contohnya:
Program hello_word;
Begin
Writeln ('hello guys mbk brow mas brow');
Writeln ('Sedang belajar pascal...');
Writeln ('sementara menggunakan HP dulu');
Writeln ('jangan bermain wa,sosmed,youtube,fokus pelajaran');
Writeln ('untuk exit tekan enter 2X');
Readln
End

Kata-kata baku program:

 program, begin,writeln,tanda kurung,tanda koma atas,tanda titik koma,readln,&end.
Itu semua tak dapat di rubah-rubah!!!

Komentar