Alogaritma
Algoritma
- Ada input dan output
- Efektifitas dan efisien
- Terstruktur.
Example Alogaritma 1
Mengirim surat pada teman :
Example Alogaritma 2
Mencari akar bulat positif dari bilangan bulat (integer) positif a :
Example Alogaritma 3
Flowchart
- program flowchart adalah urutkan intruksi yang di gambarkan dengan symbol tertentu untuk memecahkan masalah dalam suatu program.
- Mengerti tentang alogaritma.
- Membuat alogaritma dari suatu permasalahan.
- Mengerti tentang flowchart.
- Membuat flowchart
- Membuat flowchart, dari suatu permasalahan.
Algoritma
- Adalah inti dari ilmu komputer
- Algoritma adalah urutan-urutan dari instruksi atau langkah-langkah untuk menyelesaikan suatu masalah.
- Algoritma adalah blueprint dari program.
- Ada input dan output
- Efektifitas dan efisien
- Terstruktur.
Example Alogaritma 1
Mengirim surat pada teman :
- Tulis surat pada secarik kertas surat.
- Ambil sampul surat.
- Masukkan surat kedalam sampul.
- Tutup sampul surat menggunakan perekat.
- Jika kira ingat alamat teman tersebut maka tulis alamat pada samput surat.
- Jika tidak ingat, lihat buku alamat, lalu tulis pada sampul surat.
- Tempel perangko.
Example Alogaritma 2
Mencari akar bulat positif dari bilangan bulat (integer) positif a :
- Memasukkan bilangan bulat positif a.
- Berikan harga awal X sama dengan
- Hitung Y sebesar X*
- Jika Y sama dengan a maka, cetak X sebagai akar dari a, selesai
- Tambah nilai X dengan 1
- Pergi ke langkah ke-3
Example Alogaritma 3
- Masukkan sebuah bilangan sembarang.
- Bagi bilangan dengan bilangan 2.
- Hitung sisa hasil bagi pada langkah ke-2
- Bila sisa hasil sama dengan nol (0) maka, bilangan itu adlah bilangan genap bilangan sisi hasil bagi sama dengan 1 maka, bilangan itu adalah bilangan ganjil.
Flowchart
- Bagan-bagan yang mempunyai arus yang menggambarkan langkah-langkah penyelesaian suatu masalah.
- Merupakan cara penyajian dari suatu algoritma, ada 2 macam flowchart :
- program flowchart adalah urutkan intruksi yang di gambarkan dengan symbol tertentu untuk memecahkan masalah dalam suatu program.
Contohnya:
Program hello_word;
Begin
Writeln ('hello guys mbk brow mas brow');
Writeln ('Sedang belajar pascal...');
Writeln ('sementara menggunakan HP dulu');
Writeln ('jangan bermain wa,sosmed,youtube,fokus pelajaran');
Writeln ('untuk exit tekan enter 2X');
Readln
End
Kata-kata baku program:
program, begin,writeln,tanda kurung,tanda koma atas,tanda titik koma,readln,&end.
Itu semua tak dapat di rubah-rubah!!!
Komentar
Posting Komentar